//tukangMoto : Belajar Fotografi

my quest for the light … and life

Tip belanja fotografi ke singapura

with 3 comments


ngeblog lagiiii🙂

ok .. hmm sebenarnya saya baru pertama kali itu ke singapura . jadi ga tahu banyak . cuman sempat browsing sana-sini untuk mengumpulkan tip & trik belanja kamera di singapura .. dan akhirnya ketepu juga T_T .

beberapa point yg saya simpulkan

  • planning dulu mau beli apa di singapura . barang-barang di singapura lebih bervariasi jenis dan mereknya .
  • harga di singapura belum tentu lebih murah dari Indonesia . ada yg murah , ada yg dimahal-mahalin .. oleh karena itu survey dulu harga dari internet .. CATAT .. biar ga lupa kaya saya🙂 . diskusi tentang harga kamera ada di sini dan ini
  • konsisten mo beli apa . salesman toko mungkin akan menawarkan barang ini itu yang tidak ada di catatan kecil kota. akibatnya bisa jadi kita ketepu membeli barang tambahan tersebut lebih mahal dari harga aslinya .
  • knowledge .. tahu-tahu dikitlah sebelum beli barang tersebut biar ga gampang tergiur oleh bujuk rayu si salesman
  • hati-hati milih toko .. ada yg nakal , ada yg jujur . coba cek diskusi tentang toko fotografi di sini .
  • GST refund . tanyain ke salesman apa barang yg kita beli bisa di-refund ? mayan kan

kesimpulan subyektif saya , mending beli kamera di Indonesia . Harganya ga beda jauh kok .. plus dapat garansi lokal . Pernah dengar kalau barang-barang dengan garansi international jika diservis akan ditambah additional charge ? kecuali kalau mau cari barang-barang unik yg tidak ada di Indonesia atau mau kulakan , beli borongan .

my story

saya sudah planning mau beli tripod di Singapura . tripod yg kokoh , mantap dan bisa buat macro . pengennya sih dapat Gitzo Explorer 2220 . dan dan .. akhirnya sempat juga ke Peninsula Plaza .  ada beberapa toko kamera disana termasuk Cathay Photo yang terkenal bagus price dan after-salesnya . lucu tokonya . selang seling depan belakang , tidak menyatu layaknya toko besar . ada toko bagian tripod , bagian lensa , bagian kamera .. hmm anywai , saya tidak menemukan apa yg saya cari disana . cuma ada tripod Manfrotto  .

akhirnya ketemu juga barangnya . di sebuah toko ( lupa namanya , ada K-xx gitu deh )  . sudah keliling , cuman ini satu-satunya toko yang menjual tripod tersebut . harganya kayaknya lagi promo ! hitung calculator , sepertinya masuk akal .. yipiii , untung nih🙂 . tapi makin bimbang karena salesman menawarkan tripod lain dengan kemampuan yang sama . mereknya Giotto .  ntah kenapa , dia kok agak prefer ke Giotto yg lebih murah .. jangan-jangan harganya lebih mahal dari aslinya !? akhirnya pilih Gitzo saja .. lebih solid soalnya . sekalian beli head Manfrotto yang medium .. gesek lalu pulang .

sampai di tanah air , ternyata Gitzonya ga kena pajak tuh . aman dari pungli🙂 , padahal segede gaban tripodnya . iseng-iseng cek harga lagi . harga tripod OK..harga ballhead Manfrotto WTF !! lebih mahal dari harga aslinya T_T . ketepu juga akhirnya … gara-gara tidak mencatat🙂

Written by admin

April 2, 2008 pada 10:09 pm

Ditulis dalam Iseng, Tip Trik

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pagi bang, sorry 4 disturbing ya, gini…ceritanya sy mou belajar fotography (start by zero), bisa tau nggak addres web yang mengarahkan jln unt itu ( kalo bisa yg versi ina punya), banyak term yg sy tdk ngerti… o ya sy lagi nabung boeat beli D80, recommnd nggak sih (lens 18-135)… trims ya.

    coba ke http://www.fotografer.Net , atau http://www.ayofoto.com . Tapi sebelum nanya-nanya , baiknya baca dulu manual kamera . D80 ? pilihan bagus .. lensa kit yg bagus jg . ga nyesel deh🙂 .. sekalian beli lensa tambahan 50mm F1.8 ( 1 jtan) biar makin joss

    mangde_bali

    Juni 30, 2008 at 3:03 am

  2. om jadinya tergantung barangnya ya,disana lebih murah apa ngga..!?

    saya lagi ngidam 60D,dan ini kebetulan bapak saya lagi di singapore.denger2 disana lebih murah.jadi kepikiran buat nitip..

    gmn om menurut anda??:D

    mr.gigh

    Februari 15, 2011 at 2:23 am

    • menurut saya sih beda2 dikit aja sih.. mending beli di Indo saja karena garansinya lokal. kalau beli di singapore , garansinya internasional. Kalau ada apa2 repot.. katanya sih ada charge tambahan kalau diservis di lokal. ke Singapore beli asesoris saja ..

      tukangmoto

      Februari 16, 2011 at 2:26 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: