//tukangMoto : Belajar Fotografi

my quest for the light … and life

Mencari uang lewat fotografi

with 26 comments


Suatu ketika mestinya muncul di benak kita : bagaimana ya caranya agar hobi fotografi ini bisa menghasilkan uang / pemasukan ? setidaknya cukup untuk membeli lensa , asesoris tambahan atau bahkan upgrade kamera . Well , saya juga sering mikir hal yg sama . Gimana ya ? Yuk , mari kita bahas bbrp kesempatan :

Bisnis pemotretan
Yg ini kayaknya membutuhkan keseriusan tapi hasilnya menjanjikan. Malah , bisa bisa alih profesi menjadi fotografer pro. Apa yg bisa dipotret ? prewedding , wedding , photo close-up , company profile dsb. Ini bisnis fotografi sebenarnya . Mulailah dengan membangun sebuah portofolio yang bagus dan jangan lupakan jaringan bisnis.
Pingin juga suatu saat terjun ke bidang ini .. yah kita lihat saja nanti. Portofolio saya juga masih ecek-ecek.

Stock Photography
Apa itu ? coba baca ini dulu. Simplenya , kita jualan foto kita di internet dengan harga yg murah meriah . Klo murmer gimana dapat untung ? Betulll .. harganya mgkn misal 1$ , tapi kalau yg download / beli image-nya 10000 orang ? yah.. gitu deh. Modalnya , cukup kemampuan membuat foto yg baik dannn.. dibutuhkan oleh orang banyak.Ā  Misalnya nih yang paling banyak dicari adalah foto2 bertema bisnis. Simple saja : foto orang salaman , foto org lagi rapat .. simple stuff like that.
Beberapa website yang memfasilitasi : iStockPhoto , stock.xchng , dan getty images

Lomba-lomba fotografi
Persaingannya lebih sulit lagi nih. Harus sudah punya foto-foto yang ciamik utk diperlombakan. Lomba-lomba fotografi sering diadakan baik di dalam maupun luar negeri. Kayaknya ga ada habisnya. Pantengin aja forum forum diskusi fotografi di Indonesia .. ada aja kok.
Tapi harap waspada , beberapa lomba terkadang mempunyai aturan yang tidak berpihak ke fotografer. Terkadang malah seperti mencari foto bagus dengan harga murah. Perhatikan lagi aturan2 dalam berlomba , dannn semoga berhasil.. keep hunting

Bikin Buku
Buku belajar fotografi , tip and trik dan sejenisnya. Kenapa tidak dicoba saja? setahu saya buku fotografi di Indonesia masih sedikit dan maaf , sedikit kurang berkualitas. Kurang tebel hahaha.
Dan bikin semacam coffee-table book. Di luar negeri lumayan populer nih. Buku yg isinya foto-foto dengan sedikit deskripsi , lebih menonjolkan artistik / karya dari fotografernya. Yah kalau ini portofolio kita harus bagus lah. Ok , kenapa tidak kita mulai dengan membuat buku tentang keindahan alam Indonesia ? tentang satwa Indonesia ? flora dan fauna.. banyak sekali kesempatan.

Kursus fotografi / e-Book
Kalau situ dah mahir boleh dong berbagi ilmunya. Kenapa tidak buka kursus privat untuk fotografi. Saya tahu ada beberapa yg pernah menawarkan kursus privat semacam ini di forum-forum. Ada yang tentang basic fotografi , ada yang membahas fotografi makro saja. Ada juga kok peminatnya.
Klo e-Book saya tahu satu .. fotoindah.com . Bukan boongan , soalnya saya udah liat blog authornya. Selain dapat e-book, dapat juga konsultasi gratis. Mantappp
Kursus privat dengan saya ? halah halah .. ini juga lagi belajar , sambil nge-blog šŸ™‚

Foto tour
Maksudnya semacam agen travel ke daerah wisata tertentu tapi lebih menekankan ke kegiatan2 fotografi. Motret sunrise subuh-subuh.. sunset menjelang petang. Bedalah sama tur2 wisata biasanya. Dan pemandunya juga harus tahu spot2 yang menarik utk motret , jauh dari turis dsb dsb. Kenapa yg kyk gini jarang di Indonesia ya? Ada satu , di BelitungIsland.com . Kapan ya saya bisa kesana T_T ..
Di iklan majalah luar negeri saya sering baca : ada tour fotografi ke Afrika , ke bagian negara US pada waktu2 tertentu. Seolah2 mereka mempromosikan keindahan daerahnya. Kenapa ya ga bisa begini Indonesia šŸ™‚ .. yuk ayuk bikin.

Blogging
Mulai blogging tentang fotografi , sesuatu hal yg kita sukai bersama. Tentunya tidak sulit kan šŸ™‚ . Share tip dan trik dalam berfotografi dan tunggu incoming traffic yang masuk. Ah masa sih bisa sukses? bisaaaa.. coba lihat DPS . Blog bikinan Darren Rowse yang membahas fotografi. Trafiknya naujubuleh.. rangking-nya selalu #1 di Google. Dan kalau ada trafik? pasti ada pemasukan .. jangan salah , pemasukannya bisa lebih besar dari fotografer pro lho šŸ™‚

Dagang
Yaaa elah.. yang ini ga usah dijelasin panjang lebar. Udah naluri manusia utk berdagang , beli murah jual mahal. Mulai dari asesoris fotografi , kaos fotografi sampai jasa edit. Silahkan kunjungi pasar terdekat di forum kesayangan anda. Beberapa diantaranya Bursa FN dan FJB

Ada lagi ada lagi? ya pasti adalah.. banyak cara utk dapetin duit. Yg jelas kita punya modal , kita cinta fotografi ini.. dan tinggal cari cara buat convert itu jadi duit.. hahahaha

Written by admin

Maret 25, 2010 pada 9:56 am

Ditulis dalam Iseng

Tagged with , ,

26 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mending ap aya mas ya? iseng2 buka foto prewed dan wedding yang lagi booming. tapi sekarang para fotografer2 khususnya wedding dan prewedding yang baru mulai bisnis ini jangan banting harga, tapi saya juga sih abis butuh duit bgt deh … :p

    tapi yang jawaban selama ini memang harga itu ga bohong… tenang aja mas, yg pasti rawat baik2 mesin pencetak uangnya šŸ™‚

    Dimas

    Maret 27, 2010 at 9:34 pm

  2. Menarik sekali Mas….
    Saya karyawati swasta yang dari SD hobby moto….
    kemana2 bawa kamera…sering diminta moto orang…
    Nah setelah belajar fotografi lebih detail di inet dan ketemu tulisan ini semakin mantap terjun di bisnis fotografi….dan berkhayal berhenti kerja….

    Terima kasih atas pencerahannya ya…
    jangan bosen2 kalau ntar sering ditanya…..

    Saafirah

    Mei 5, 2010 at 1:09 am

  3. gtau mulai kapan seneng foto, tapi klo liat org lagi potret2 gtu koq ngiler, apalagi klo yg tukang fotox pake kamera tele yg besarnya kayak teropong bintang,, widieeewwww. . . kerenn abis . . .

    mklum bru pemula, blejar dulu pake bridge camera (fuji s1600) . . . mau srius cari duitx gmn ya caranya???

    šŸ™‚ sapa tau hbis baca nih artikel ntar bisa alih profesi heheheh . . .

    share trus ilmunya bwt newbie kyk kita2 ini bos . . ^^

    maxrax

    Mei 8, 2010 at 1:17 pm

  4. mas saya tertarik dengan tulisan diatas terima kasih atas infonya.saya bingung gmn saya supaya dapat uang lewat iStockPhoto , stock.xchng , dan getty images.kebetulan saYA lg kerja dikorea dan ingin cari usaha tambahan lewat fotografi sementara saya hanya punya d40 lensa kit dan af-s 50-200.mohon diberi petunjuk.

    amy

    Mei 12, 2010 at 8:34 am

    • lebih detilnya langsung menuju ke website yg terkait saja. prinsipnya sih , kita upload foto site tersebut.. dan setiap user yang mendownload foto tersebut , kita akan mendapat royalti. semakin bnyk yg download.. semakin $$$ šŸ™‚

      tukangmoto

      Mei 12, 2010 at 10:12 am

  5. kalo mau enag jado fotografer plus wartawan media cetak itu baru muantaap….

    tapi gimana caranya ya,,,

    bagi bagi tips donk bagi yg udah sukses jadi wartawan

    ishak

    Juni 12, 2010 at 3:48 am

    • hehe , saya bukan wartawan lho.. tapi yg lain mgkn mau berbagi tips
      klo mnrt saya sih .. kita jalan sendiri aja dulu , keliling bikin foto sambil dikasih artikel seputar foto2 tersebut. biar terkenal ..terus dilirik sama media cetak heehhe

      tukangmoto

      Juni 13, 2010 at 2:47 am

  6. Wah, mantap ya . Kalo yang pake sistem upload dpt duit itu, yang nge download berarti mbayar yah?

    Dwiki

    Juni 20, 2010 at 6:06 am

  7. Wah Nice artikel mas buat pemula dan amatir kayak saya heheheh

    acongsb

    Agustus 11, 2010 at 3:02 am

  8. mantap nih artikelnya…terima kasih atas pencerahannya buat saya2 yang pemula dalam dunia fotografi…pengen banget nih menghasilkan duit dari foto…..

    sukses terus yah….

    faizal

    Agustus 13, 2010 at 5:10 pm

  9. terima kasih untuk alternatif pilihan yang diberikan…

    onthepaper

    Agustus 15, 2010 at 2:48 pm

  10. asyik mas tulisannya, saya br belajar foto dgn c d1000, mudahmudahan bisa memanfaatkan kamera tersebut dgn maksimal. ujung2nya bisa ngasilin duit juga he he

    belajarmoto

    September 1, 2010 at 7:49 am

  11. saya lagi bingung nee..
    pengen belajar fotografi untuk cari duit tujuan nya..
    tapi belajar dmna ya?
    kamera qu nikon d90.. cuma nganggur drmh,,
    T_T

    stefani

    Oktober 17, 2010 at 1:35 pm

    • Coba aja ikuti bbrp alternatif diatas.. Lgkh awal sih bikin portofolio yg bagus

      tukangmoto

      Oktober 18, 2010 at 6:02 am

  12. nice articles.. to all photography lovers please welcome to our place http://howtolearnphotography.wordpress.com/ thank you

    firman

    Desember 28, 2010 at 12:44 pm

  13. […] saya pernah mengulas tentang beberapa cara mencari uang lewat fotografi. Dan kali ini saya mau berbagi cara yang sedang saya lakukan. Tidak lain adalah lewat […]

  14. mantabhhhh ommm,…. niceeeeeeeee apa kabar nih om,… lagi mulai nge blog lagi nihhhh

    warungfoto

    Agustus 14, 2011 at 6:02 pm

  15. banyak sekali cara cari uang lewat photography, salah satunya yg saya pernah lihat di jembatan balerang adalah printer poto nya di tarok di sepeda motornya juga dikasih kotak, jdi orang yg mau poto langsung jdi bisa di print langsung ditempat dengan kualitas gambar yg baik …. mantappp

    tri

    Juni 27, 2012 at 2:45 am

  16. Jakarta School of Photography (JSP)
    Ruko Cempaka Mas C28
    Letjen Suprapto 10640 Jakarta Pusat
    http://www.ispschool.co.id
    telp. 021-27918999

    JSP

    Januari 19, 2013 at 3:49 am

  17. Ngeblog itu sepertinya yg paling gampanga ya…

    bocah petualang

    Februari 5, 2013 at 3:09 pm

  18. Sekedar sharing pengalaman….
    Saya juga sangat hobi dengan fotografi sejak SMA. tapi baru megang kamera secara serius tahun 2011 kemarin. 2 tahun saya trial and error dengan kamera yang saya miliki untuk belajar bagaimana menhasilkan foto yang baik. selama 2 tahun tersebut saya lebih banyak eksplore di fotografi model, fashion, dan street hunting. Sampai suatu ketika saat ikut sebuah acara hunting saya berkenalan dengan salah satu peserta yang memang sudah terjun ke fotografi pro. Dia sharing dan membagi trik untuk terjun ke bisnis fotografi. Salah satunya adalah dengan cara narsis. Artinya jangan malu mempertunjukan hasil karya ke halayak umum. Biarkan halayak umum menilai foto hasil karya kita. Tampung saja semua kritik mereka dan jangan sakit hati. Tapi dibelakang itu tetap kita harus berusaha melakukan perbaikan atas apa yang masih menjadi kekurangan kita. Makannya sangat penting bagi pemula seperti saya ini untuk aktif di forum-forum fotografi yang banyak membahas dan diskuisi masalah fotografi khususnya tentang teknis dasar seperti blog “tukang moto” ini.
    Mamanfaatkan internet adalah jaln yang paling jitu. Sekali upload foto ratusan bahkan mungkin jutaan orang dari berbagai daerah bisa melihat foto kita tsb. Alhasil secara tidak langsung seklaigus mempromosikan bahwa kita bisa memotret.
    Dengan cara tersebut saya saat ini sedikit sudah mulai menemukan jalan untuk berbisnis fotografi, yah meskipun masih sangat kecil-kecilan karena hanya sampingan untuk mengisi waktu libur kantor di hari sabtu dan minggu. Job pertama adalah motret prewed temen sekantor. Alhamdulillahnya hasilnya banyak yang suka karena foto tersebut dipajang saat acara resepsi temen saya tersebut. Lumayan promosi gratis. Sampai kemarin perusahaan tempat saya bekerja meminta saya untuk memotret pas foto untuk kebutuhan ID Card karyawan.
    Mudah-mudahan harapan saya untuk memiliki studio dan 100% terjun ke bisnis fotografi bisa segera terlaksana. Begitu juga buat teman-teman yang memiliki cita-cita yang sama seperti saya.

    Bravo Fotografi

    Rendi S

    Maret 1, 2013 at 9:45 am

  19. Mas, infonya sangat menarik, saya sedang belajar potografi untuk didesain di tas kertas http://www.taskertas.net mungkinkah, poto yang kita ambil, terus dicetak di paperbag lalu paperbagnya di poto, potonya dijual?
    Terima kasih sebelumnya.

    tas kertas murah

    November 9, 2014 at 10:38 am


Tinggalkan komentar